SMAN 1 Lunyuk Persiapkan Diri Akreditasi Sekolah Tahun 2018

SMAN 1 Lunyuk Persiapkan Diri Akreditasi Sekolah Tahun 2018

Lunyuk - Memasuki tahun 2018 BAN S/M kembali akan melaksanakan kegiatan akreditasi bagi sekolah/madrasah terutama bagi sekolah yang belum pernah akreditasi, maupun sekolah/madrasah yang harus diakreditasi ulang, karena sudah 5 tahun atau lebih masa berlakunya sertifikat akreditasi.

Kunci keberhasilan akreditasi salah satunya adalah perencanaan yang baik di sekolah dalam menghadapi akreditasi. Salah satunya adalah pembentukan panitia akreditasi tingkat sekolah/madrasah yang dibentuk oleh kepala sekolah/madrasah guna mempersiapkan segala hal dalam menghadapi akreditasi yang mencakup 8 Standar Nasional Pendidikan.

Untuk mempersiapkan diri, sekolah harus mempelajari instrumen akreditasi serta mempersiapkan untuk mengisi Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi Sekolah/Madrasah.

Panitia Akreditasi sekolah mempelajari instrumen dan mempersiapkan data-data pendukung akreditasi, Menurut Kepala SMAN 1 Lunyuk, Bapak Aminu Irfanda Supanda perpanjangan Akreditasi SMAN 1 Lunyuk dilakukan mengingat Sertifikat Akreditasi telah melampaui masa 5 tahun sehingga perlu dilakukan perpanjangan. Proses Akreditasi melalui beberapa tahapan antara lain pengisian data instrumen akreditasi memalui SisPenA (Sistem Penilaian Akreditasi) yang dilakukan secara online. UPT Layanan Dikmen PK-PLK pada hari Sabtu, 28 Juli 2018 melakukan Sosialisasi Pengisian Data Online SisPenA yang diikuti sekolah-sekolah peserta akreditasi tahun 2018. Menurut informasi yang disampaikan oleh BAN S/M Provinsi NTB bahwa proses Visitasi Sekolah akan dilakukan mulai tanggal 15 Agustus 2018. Kepala SMAN 1 Lunyuk berharap proses Visitasi dan Validasi Data akan berjalan dengan lancar hingga terbitnya Sertifikat Akreditasi.

sumber : Humas