SMAN 1 Lunyuk Ikut Serta Lomba Perpustakaan SMA Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2018

SMAN 1 Lunyuk Ikut Serta Lomba Perpustakaan SMA Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2018

Lunyuk - Dalam upaya mewujudkan masyarakat Indonesia yang berkualitas tinggi tidak bisa dilepaskan dari pendidikan. Kegiatan memajukan pendidikan di Indonesia telah dilakukan melalui peningkatan pendidikan yang diwujudkan dalam UU No.20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Pasal 1 UU tersebut menyebutkan “bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.

Dalam pasal 23 ayat (1) UU no.43/2007 tentang Perpustakaan mengamanatkan bahwa” setiap sekolah/madrasah menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan”. Penyelenggaraan perpustakaan sekolah/madrasah seperti dijelaskan dalam PP No.24/2014 tentang Standar Nasional Perpustakaan merupakan kewajiban setiap sekolah/madrasah. Ini berarti bahwa setiap sekolah/madrasah wajib memiliki perpustakaan yang dikelola berdasarkan standar yang ditetapkan.

Perpustakaan Sekolah perlu meningkatkan fasilitas dan layanannya untuk memenuhi kebutuhan peserta didik. Guna meningkatkan gairah dalam mengembangkan perpustakaan sekolah, khususnya perpustakaan pendidikan dasar dirasa perlu diadakan Lomba Perpustakaan Sekolah/Madrasah Tingkat SLTA (SMA, MA, SMK) Negeri maupun Swasta.

Mulai tanggal 16 Juli 2018, Panitia Pelaksana Lomba Perpustakaan Sekolah/Madrasah Tk. SLTA (SMA, MA, SMK) Negeri dan Swasta tingkat Kabupaten Sumbawa telah melaksanakan penilaian ke 10 Kabupaten/Kota. Untuk penilaian, Panitia Pelaksana melaksanakan tugas penilaiannya terlebih dahulu ke 9 SMA Negeri/Swasta. 

Beberapa Komponen Penilaian meliputi: a) Organisasi Perpustakaan, b) Gedung/Ruang Perpustakaan, c) Sarana dan Prasarana, d) Anggaran Perpustakaan, e) Tenaga Pengelola Perpustakaan (disertai SK Pengangkatan), f) Koleksi (tercetak dan elektronik), g) Pengelolaan Bahan Perpustakaan, h) Layanan dan Kerjasama Perpustakaan, i) Program dan Kegiatan Perpustakaan dan j) Data Dukung Komponen Penilaian.

Semoga dengan Lomba Perpustakaan Sekolah ini dapat tercapai: 1) Peningkatan pengembangan perpustakaan SMAN 1 Lunyuk, 2) Meningkatnya kinerja mutu pengelolaan perpustakaan sekolah Tingkat SLTA (SMA, MA, SMK) serta, 3) Meningkatkan peran perpustakaan sekolah/madrasah dalam proses pembelajaran untuk mencapai visi dan misi SMAN 1 Lunyuk. Kemudian, Sekolah yang terpilih dalam penilaian ini sebagai juara Pertama (I) akan mewakili Kabupaten Sumbawa di Tingkat Provinsi NTB.

sumber : Humas