KKP SMA 2018 : Wahana Pelajar dalam Memantapkan Potensi Diri

KKP SMA 2018 : Wahana Pelajar dalam Memantapkan Potensi Diri

Bogor – 1Mei 2018 - Karakter bangsa merupakan substansi penting dalam pembinaan kesiswaan, sehingga menjadi tugas bersama untuk membuka ruang dan kesempatan bagi siswa, hingga ke depannya mereka mampu mengembangkan dan memantapkan potensi diri demi kebesaran bangsa ini. Salah satu ruang pembinaan kesiswaan yang dirancang secara kreatif oleh Direktorat Pembinaan SMA dalam rangka penguatan karakter kebangsaan bagi siswa (SMA) adalah Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) yang juga sudah menjadi agenda rutin tahunan.

Tahun ini, Senin (1/5), bertempat di Padjajaran Suites, Bogor, KKP 2018 secara resmi dibuka oleh  Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad, Phd. Dalam sambutan pembukaannya, Hamid Muhammad mengungkapkan KKP merupakan salah satu - dari sekian banyak – wadah pembinaan kesiswaan yang berorientasi pada penumbuhan dan penguatan karakter siswa. Aktivitas-aktivitas yang dirancang dalam kegiatan ini mencakup pelatihan kepemimpinan, kedisiplinan, kebangsaan, kreativitas, dan kepedulian.

KKP diharapkan mampu melatih siswa untuk menghimpun ide, berpikir kritis, hingga mampu untuk melahirkan solusi-solusi yang kreatif dan inovatif terhadap permasalahan yang dihadapi dirinya, lingkungan, hingga negara. Tak kalah penting dari KKP ini adalah tumbuhnya semangat kebangsaan serta kebersamaan antarpeserta yang berasal dari berbagai pelosok tanah air. Sekaligus, KKP menjadi wadah penyaluran relijius bagi peserta didik untuk mengaktualisasikan diri  menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Saya yakin jika hal tersebut ada pada diri setiap peserta didik saat ini, maka generasi emas Indonesia pada 2045 bukan sekedar angan-angan. Pesan saya kepada 272 orang - dari 4,5 juta siswa Indonesia - yang hadir hari ini, tolong perkuat diri terutama literasi kita dalam kemampuan untuk memilih, memilah dan menggunakan informasi tepat guna Indonesia yang lebih maju,” kata Hamid Muhammad.

Purwadi Sutanto, Direktur Pembinaan SMA, menambahkan, “Karena itu kita harus lebih bekerja keras untuk penggemblengan diri siswa agar menjadi orang yang memiliki karkater kuat, terlatih dan tangkas. Mempersiapkan generasi  unggul yang memiliki karakter hebat, literasi hebat,kompetensi hebat dengan harapan mereka menjadi anak-anak yang tangguh, sehingga nantinya akan menjadi para pemimpin bangsa Indonesia yang berkarakter.”

Dalam laporannya, Kasubdit Peserta Didik Suharlan menjabarkan bahwa peserta dari seluruh provinsi di Indonesia ini semuanya sudah hadir, kecuali perwakilan dari Gorontalo, terkait kendala yang terjadi dalam jadwal penerbangan di bandara setempat.

Sepanjang kegiatan, 364 peserta yang terdiri dari 8 siswa pengurus aktif OSIS dan 2 orang guru pendamping, dirancang melakukan berbagai aktivitas yang esensinya terletak pada 5 (lima) aktivitas utama untuk penggemblengan diri pribadi yaitu ; Kawah Kepemimpinan, Kawah Kedisiplinan, Kawah Kebangsaan, Kawah Kreativitas, dan Kawah Kepedulian. Melalu berbagai aktivitas ini siswa dilatih, dimotivasi, dan diarahkan agar tertempa menjadi sosok yang memiliki karakter pribadi kuat, terlatih, dan tangkas. Kelima kawah tersebut diimplementasikan ke dalam aktivitas harian  peserta. 

Diharapkan, apa yang didapat dari KKP ini  selanjutnya juga akan diimplementasikan di daerah masing-masing ketika mereka pulang nanti. Selain materi-materi penguatan karakter yang dilaksanakan di lokasi Padjajaran Suites, peserta juga melakukan kegiatan di luar lokasi, yaitu  mengikuti upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional sekaligus audiensi dengan Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Kemendikbud Senayan pada tanggal 2 Mei 2018. Kegiatan lainnya adalah kunjungan ke Gedung DPR RI, yang dalam agenda akan diterima langsung oleh Wakil Ketua DPR-RI Bapak Fahri Hamzah.

Pada acara pembukaan KKP 2018 yang berlangsung singkat namun khidmat dan sarat motivasi, semua petugasnya adalah para peserta yang sudah diseleksi malam sebelumnya. Selain menyanyikan lagu mars KKP juga ada pengalungan simbolis name tag kepada dua peserta yang diwakili oleh peserta dari Lampung dan DKI Jakarta, dan ditutup dengan foto bersama.

Para pelajar pilihan dari seluruh wilayah Indonesia ini bersatu dalam KKP 2018 dengan semangat yang sama. Mereka pastinya tidak akan menyiakan kesempatan menjadi bagian dari program ini. KKP, sebuah wahana, ruang, dan kesempatan emas  bagi pengembangan karakter dan jati diri generasi masa depan bangsa, barisan generasi unggul nan tangguh.

sumber : psma.kemdikbud.go.id